Monday, June 25, 2007

BANGUN MEZBAH UNTUK DIBERKATI


MEZBAH KELUARGA membentuk RUMAH BERKAT


“Sebab itu Daud tidak mau memindahkan tabut TUHAN itu ke tempatnya, ke kota Daud, tetapi Daud menyimpang dan membawanya ke rumah Obed-Edom, orang Gat itu.Tiga bulan lamanya tabut Tuhan itu tinggal di rumah Obed-Edom, orang Gat itu, dan TUHAN memberkati Obed-Edom dan seisi rumahnya.Diberitahukanlah kepada raja Daud, demikian: "TUHAN memberkati seisi rumah Obed-Edom dan segala yang ada padanya oleh karena tabut Allah itu." Lalu Daud pergi mengangkut tabut Allah itu dari rumah Obed-Edom ke kota Daud dengan sukacita “2 Sam 6:10-12

Sebuah keluarga yang diberkati ditentukan oleh ada atau tidaknya Kehadiran Tuhan didalamnya. Jika Tuhan hadir dan tinggal didalamnya, maka pasti keluarga akan diberkati secara luarbiasa. Hal ini dibuktikan ketika Obed Edom membuka pintu rumahnya untuk kehadiran Tabut Allah (yang merupakan gambaran Kehadiran Tuhan – hadirat Tuhan) didalam rumahnya selama 3 bulan, dan itu membuat keluarganya diberkati secara luar biasa.


Bagaimana supaya kehadiran Tuhan nyata dalam keluarga?

Yosua 24:15 : ‘….Tetapi aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada TUHAN!‘BANGUNLAH MEZBAH KELUARGAApa itu mezbah keluarga ?Mezbah keluarga adalah suatu moment perjumpaan dengan Tuhan secara bersama-sama satu keluarga yang dilakukan sebagai sebuah gaya hidup setiap hari.Sebuah mezbah tidak berdiri dengan sendirinya, tetapi harus “dibangun”.

Contoh :- Nuh membangun mezbah (Kej 8:20)-

Abraham membangun mezbah (Kej 12;7, Kej 13:18)- I

shak membangun mezbah (Kej 26:25)- Yakub mendirikan mezbah (Kej 33:20)-

Musa mendirikan mezbah (Kej 17:15)-

Daud mendirikan mezbah (2 Sam 24:25 )


Prinsip membangun mezbah keluarga :

1. Suami adalah “Inisiator Pembangun Mezbah”Setiap orang yang membangun mezbah adalah seorang laki-laki (kepala keluarga). Banyak tokoh wanita di Alkitab tapi yang membangun mezbah selalu pria.Inilah waktunya para Pria untuk berinisiatif membangun mezbah keluarga.Ef 5 : 23 = Suami adalah Kepala


2. Komitmen Bersama adalah awal berdirinya sebuah mezbahPerlu kesepakatan dan komitmen Suami, Istri dan Anak-anak untuk bersama-sama membangun mezbah keluarga setiap pagi. Dengan kesepakatan maka suami atau istri bisa saling mengingatkan dan saling menguatkan.Mat 18:19-20 = kesepakatan membawa kuasa besar.


3. Perlu Korban dalam membangun mezbahSetiap mezbah hanya akan disebut mezbah jika ada korban diatasnya. Tanpa korban mezbah tidak berarti apa-apa.Kej 8 : 20 = Nuh mempersembahkan korban diatas mezbah yang dibuatnya.

Korban memiliki arti sebagai berikut :

a. Waktu yang diprioritaskanJika Tuhan Yesus sudah memberikan yang terbaik, adalah hal yang seharusnya jika kita berikan waktu yang terbaik bagi Tuhan.Waktu terbaik adalah pagi hari ( Maz 5:4, Mark 1:35 )

b. Tenaga yang maksimalHarus memiliki manajemen waktu yang baik untuk menghindari kelelahan fisik yang mengganggu untuk membangun mezbah.

c. Pikiran & Hati yang tertuju pada TuhanPikiran dan hati jangan terfokus pada masalah-masalah kehidupan kita sendiri.


4. Membangun Mezbah adalah sebuah ‘Gaya Hidup’ bukan suatu ‘Event’Abraham membangun mezbah beberapa kali, contoh :Kej 12:7, Kej 12:8, Kej 13:18, Kej 22:9Ini artinya Abraham membangun mezbah tidak sekali-sekali (kadang-kadang), tapi dia membangun mezbah sebagai GAYA HIDUP!


5. Gunakan Sarana-sarana yang mendukung / membantuMezbah didirikan dengan bahan-bahan pembuatnya seperti : batu, kayu, dll. Perlu bahan-bahan yang mendukung.

Gunakan sarana yang membantu seperti : Buku saat teduh Bahan-bahan Pendalaman alkitab, dll2 Pilar keseimbangan dalam Mezbah keluarga :Perlu 2 pilar mezbah yang harus dibangun dengan sebuah KESEIMBANGAN.


Kedua-duanya adalah PENTING!Pilar

1 : Mezbah pribadiPilar

2 : Mezbah Bersama60 MENIT

SETIAP HARI YANG MENGUBAHKAN HIDUP :10 menit :

Penyembahan pribadi & doa pribadi15 menit :

Membaca & merenungkan Alkitab secara pribadi10 menit :

Penyembahan bersama-sama15 menit :

Membaca dan sharing Firman bersama-sama10 menit :

Saling mendoakan dan berdoa bersama-sama.


Dampak Mezbah Keluarga bagi hidup pribadi dan keluarga?Kejadian 8:20 – Kej 9 :161. Hadirat Allah nyata dalam Keluarga : Ada kasih, sukacita, damai sejahtera dalam keluargaKej 8:21 = Ada hubungan manis antara Nuh dengan Tuhan2. Berkat Allah nyataKej 9:1 = Allah memberkati Nuh3. Hikmat dan Tuntunan Allah bagi kehidupanKej 9 : 1-9 = Allah memberikan tuntunannya kepada Nuh4. Perlindungan dari serangan kuasa gelapKej 9:5 = Allah yang melindungi dan menjaga Nuh5. Janji Allah nyata dalam kehidupan kita.Kej 9:9-11 = Allah menyatakan perjanjiannya dengan Nuh, sejak saat itu Nuh hidup dalam janji-janji Allah.6. Keturunan akan hidup dalam berkat perjanjian AllahKej 9:97. Hidup dalam kekuatan anugrah Tuhan yang luar biasa.o Kekuatan Ekstra diwaktu menghadapi situasi buruko Kekuatan untuk melakukan perkara-perkara besar bersama TuhanNuh adalah orang yang pernah mengalami kekuatan Anugrah Tuhan yang luar biasa.

No comments: